Cara Mudah Menghitung Passing Grade

Menghitung passing grade

Tak lama lagi UTBK SBMPTN 2020 akan segera diselenggarakan. Karena di tengah pandemi, pihak penyelenggara berencana untuk melakukan ujian tertulis tersebut dengan protokol kesehatan yang ketat. Jika ingin mengikuti ujian ini, Kamu harus berusaha keras untuk lolos karena saingannya sangat berat.

Mereka yang lolos seleksi adalah peserta yang memiliki nilai tertinggi di atas passing grade. Sehingga, untuk mengetahui kemungkinan lolos atau tidaknya dirimu, Kamu harus tahu cara mudah menghitung passing grade. Jadi, saat berlatih maupun ujian, kamu bisa memperkirakan kemungkinan tersebut.

Sekilas tentang Passing Grade SBMPTN

Memiliki pemahaman yang baik tentang passing grade SBMPTN dapat menjadi salah satu kunci sukses lolos UTBK SBMPTN. Apakah sebenarnya passing grade SBMPTN itu? Secara umum, passing grade adalah persentase nilai yang ditetapkan sebagai pedoman guna meluluskan seseorang pada suatu tes.

Pedoman atau acuan ini digunakan pada berbagai tes, contohnya tes CPNS dan tes SBMPTN. Pada tes yang terakhir ini, peserta yang melampaui passing grade dapat diterima di universitas yang dipilihnya, dengan catatan kuota masih tersedia dan pesaingnya memiliki nilai yang lebih rendah.

Contohnya, passing grade jurusan Kedokteran Umum adalah 80%. Maka, jika nilai yang Kamu raih adalah 85%, Kamu akan memperoleh kesempatan untuk diterima di jurusan tersebut. Semakin tinggi nilaimu dari passing grade, semakin besar kesempatanmu untuk lolos ujian.

Passing grade untuk setiap jurusan kuliah tidak sama besarnya. Jurusan kuliah favorit, jurusan teknik atau sains biasanya memiliki persentase nilai lolos yang relatif tinggi.  Sedangkan jurusan yang kurang peminat biasanya memiliki passing grade yang lebih rendah.

Setelah berlatih mengerjakan soal ujian SBMPTN, Kamu dapat memperkirakan sendiri apakah dirimu dapat melewati passing grade dengan cara menghitungnya. Jika nilaimu masih lebih rendah dari persentase nilau yang ditentukan oleh universitas, Kamu perlu belajar lebih giat lagi di kesempatan mendatang.

Pihak universitas biasanya tidak transparan dengan passing grade yang mereka tentukan pada tahun berjalan. Meski demikian, Kamu dapat menjadikan persentase nilai tahun lalu sebagai acuan. Keduanya biasanya tidak jauh berbeda.

Salah satu rumus sederhana untuk menghitungnya adalah.

PG = ((B x 4) – (S x1)) x 100% / JS x 4

Keterangan:

PG adalah Passing Grade

B adalah jumlah jawaban yang benar

S adalah jumlah jawaban yang salah

JS  adalah jumlah soal.

Meski demikian, perlu diingat bahwa nilai passing grade bukanlah nilai yang pasti. Hal ini karena setiap perguruan tinggi menetapkan persentase nilai yang berbeda-beda. Selain itu, ada kemungkinan bahwa semua peserta tidak dapat mencapai nilai tersebut sehingga passing grade harus diturunkan.

Dan jika ingin mencari Kampus Favorit di Sumut langsung cek https://www.uma.ac.id/

Contoh Soal dan Cara Menghitung Passing Grade

Untuk memahami rumus passing grade di atas dengan lebih baik, Kamu dapat mencermati contoh berikut ini.

Si Entong sedang berlatih mengerjakan soal UTBK SBMPTN dengan total soal 120 butir. Di akhir latihan, ia mengecek jawabannya dan diketahui bahwa pada soal kemampuan dasar, ia mendapat jawaban salah sebanyak 25 soal, jawaban benar sebanyak 30, dan tidak menjawab 5 soal.

Kemudian, pada soal kemampuan IPS, ia mendapat jawaban salah sebanyak 10, jawaban benar 45, dan tidak menjawab 5 soal. Untuk mengetahui passing grade-nya, si Entong harus mencari B dan S terlebih dahulu. Setelah itu, baru ia dapat menghitung passing grade dengan rumus di atas.

B = 30 + 45 = 75

S = 25 + 10 = 35

Untuk soal yang tidak dijawab berarti tidak memiliki bobot.

Dengan demikian, passing grade si Entong adalah:

PG = ((75 x 4) – (35 x 1)) x 100% / 120 x 4

PG = (300 – 35) x 100% / 480

PG = 26.500% / 480

PG= 55,21%

Apabila pilihan jurusan si Entong di UGM memiliki passing grade di bawah 50% pada tahun lalu, maka si Entong akan memiliki kesempatan besar untuk diterima di jurusan tersebut. Namun, jika persentase nilai jurusan tersebut lebih tinggi dari 50%, maka si Entong memiliki kesempatan kecil untuk lolos.

Dengan cara mudah menghitung passing grade, Kamu dapat merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan nilaimu. Sehingga, Kamu dapat mengerjakan UTBK SBMPTN dengan maksimal dan memperoleh hasil yang memuaskan.

Dan jika ingin mencari Kampus Favorit di Sumut langsung cek https://www.uma.ac.id/. Di Universitas Medan Area terjamin pendidikannya tidak kalah dengan kampus negeri di medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *